Love Language Apa Aja Yang Perlu Kita Ketahui? | Lavavela Look
Connect with us

Family

Love Language Apa Aja Yang Perlu Kita Ketahui?

Published

on

Love language apa aja yang perlu kita ketahui untuk membuat pasangan kita menjadi lebih nyaman dan merasa senang? Istilah love language sendiri memang sering terdengar beberapa tahun terakhir. Apalagi dengan adanya Gen Z membuat love language menjadi lebih populer dan lebih sering diperhatikan oleh orang banyak.

Cara mengungkapkan rasa kasih sayang pada pasangan memanglah sangat beragam. Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara mengungkapkan perasaan sayang pada pasangannya. Oleh sebab itu, selain kita harus memahami apa preferensi pasangan kalian, tapi juga apa saja jenis love language apa aja yang perlu kalian ketahui.

Berikut ini Lavavela Look akan membahas bagian segmen Family, yaitu bagaimana kita harus mengerti Love Language Apa Aja yang mungkin disukai oleh pasangan kita dan mulai memahami apa love language itu sendiri.

Baca Juga: 7 Tips Cara Memilih Pasangan Hidup Agar Rumah Tangga Harmonis

Pengertian Love Language yang Perlu Kita Pahami

Love language atau dalam bahasa indonesia disebut sebagai bahasa cinta adalah konsep berkomunikasi kepada pasangan dalam mengungkapkan atau menerima kasih sayang untuk hubungan yang lebih romantis.

Konsep Love Language pertama kali dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman pada buku berjudul “The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts”. Dalam buku tersebut, Dr. Gary Chapman menggambarkan cara berkomunikasi dan menyatakan kasih sayang antar pasangan dalam hubungan romantis.

Manfaat menerapkan bahasa cinta pada pasangan cukup beragam, namun alasan utama dalam penerapan konsep ini adalah agar hubungan lebih sehat dan bahagia. Konsep love language umumnya banyak diterapkan pada orang yang sudah berumah tangga. Namun tidak jarang di zaman sekarang banyak Gen Z atau anak-anak muda menerapkan Love language mereka kepada pasangannya masing-masing.

 

Siapa Dr. Gary Chapman?

 Love Language Apa Aja, Love Language, Word of Affirmation, Physical Touch, Acts of Service, Receiving Gift, Quality Time, WOA, Dr. Gary Chapman, Gary Chapman, The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts, Love language artinya

Source: Wikipedia

Garry Demonte Chapman adalah seorang konselor perkawinan, penulis, pembicara, dan pendeta yang terkenal karena memiliki kontribusi yang cukup besar dalam bidang hubungan dan perkawinan. Sudah tidak asing lagi jika Dr. Gary Chapman terkenal lewat karyanya yang berjudul “The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts” yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1992. Melalui karyanya, Gary Chapman berhasil membantu banyak pasangan dan individu untuk memahami dinamika hubungan dan meningkatkan komunikasi dalam perkawinan dan keluarga.

 

Baca Juga: Petualangan Pernikahan: 6 Hal Yang Perlu Kamu Pelajari Sebelum Menikah

Love Language Apa Aja yang Perlu Kalian Pahami

Menurut Dr. Chapman, terdapat 5 love language utama yang digunakan oleh seseorang untuk mengungkapkan dan menerima kasih sayang. Namun, tidak semua orang memiliki preferensi yang sama, terdapat beberapa contoh kasus yang menyatakan bahwa setiap pasangan memiliki preferensi yang berbeda-beda. Sehingga kita harus berusaha untuk mengetahui preferensi tersebut.

Bagaimana cara mengetahui preferensi love language pasangan kita? terdapat satu hal yang harusnya bisa kita sadari untuk merasakan bagaimana sebenarnya bahasa cinta pasangan kita. Salah satunya adalah dengan melihat, bagaimana pasangan kita menyatakan kasih sayang. Apakah dengan membuatkan makanan, apakah dengan memujimu, atau malah mengajak kamu berlibur untuk menikmati quality time.

Setelah kalian mengetahui apa preferensi love language pasanganmu, maka ada 5 hal yang kalian harus ketahui untuk mengungkapkan bahasa cintamu. Berikut ini 5 love language apa aja yang perlu kalian ketahui menurut Dr. Gary Chapman:

 

Word of Affirmation (Pujian)

Cara mengungkapkan word of affirmation adalah dengan memberikan pujian kepada pasanganmu. contoh word of affirmation adalah dengan memberikan kata-kata positif pada pasangan seperti halnya budaya orang jepang lakukan ketika Suaminya pulang kerja, sang Istri akan mengatakan “Terima kasih atas kerja kerasnya” atau dalam bahasa Jepangnya adalah “Otsukaresama deshita”.

Hal tersebut bukan tanpa arti, namun orang jepang terbiasa menjaga budaya penghormatan, etika yang baik, dan sopan santun. Sehingga, memang dari kita belum terbiasa mendengarkan hal seperti itu dari pasangan atau dari teman. Tetapi tidak ada salahnya untuk kalian coba pada pasanganmu.

Selain ungkapan terima kasih, contoh word of affirmation dapat diungkapkan dengan kata-kata yang mengandung dukungan kepada pasangan.

Acts of Service (Perbuatan)

Cara mengungkapkan acts of service dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti menyelesaikan tugas rumah sehari-hari, atau memperhatikan hal kecil yang pasangan kalian lupakan. Contoh acts of service adalah seperti membuatkan makanan kesukaan pasanganmu, atau membantu aktivitas dari pasanganmu, dan memberikan dukungan dalam menghadapi masa sulit merupakan acts of service yang bisa membuat kesan baik pada pasanganmu.

 

Receiving Gift (Penerimaan Hadiah)

Penerimaan hadiah atau receiving gift merupakan salah satu bentuk pengungkapan love language yang paling umum dilakukan, terutama bagi laki-laki. Karena bentuk ungkapan ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan, namun dalam kenyataannya dalam memilih hadiah juga bukan hal yang mudah.

Pasalnya. kita mesti tahu apa barang kesukaan pasangan kita yang bisa jadi preferensinya dari hobinya, atau untuk mendukung kegiatannya sehari-hari. Sehingga saran terbaik untuk benar-benar teliti dalam memilih hadiah dari preferensi kesukaan pasangan kalian.

 

Quality Time (Waktu Berkualitas)

Menghabiskan waktu bersama atau quality time, merupakan jenis love language yang paling sering kita lakukan pada saat pacaran, dan malah agak jarang dilakukan ketika setelah menikah, apalagi jika sudah memiliki anak. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan quality time dengan pasanganmu.

Contoh quality time adalah makan bersama di restoran favorit pasanganmu, menonton film bersama, berlibur berduaan dengan pasangan, atau kegiatan yang saat ini menjadi tren adalah menonton festival atau konser bersama pasangan.

 

Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Sentuhan fisik merupakan ungkapan love language yang terbilang cukup canggung untuk dilakukan, apalagi pada budaya orang Indonesia. Seharusnya pada orang yang sudah berkeluarga tidak perlu canggung dalam melakukan sentuhan fisik seperti berpegangan tangan, berpelukan, mencium pasangan, memijat pasangan saat pulang kerja, memberikan sentuhan lembut seperti mengusap kepala atau bahu.

Dalam budaya orang Indonesia, hal seperti melakukan sentuhan lembut memang jarang dilakukan. Namun tidak ada salahnya jika jenis love language ini dibiasakan untuk kita berikan pada pasangan, asalkan dilakukan di rumah ya.

Demikian penjelasan Lavavela Look tentang Love Language Apa Aja Yang Perlu Kita Ketahui. Semoga saran dari kami bisa membantu kamu untuk memiliki hubungan yang lebih romantis dengan pasangan.

Terima kasih.

Advertisement iklan murah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending