Tanaman Pembersih Udara yang Cocok Untuk Cegah Polusi
Connect with us

Beauty

Tanaman Pembersih Udara yang Cocok Untuk Cegah Polusi

Published

on

Tanaman Pembersih Udara yang Cocok Untuk Cegah Polusi kini bisa kamu gunakan sebagai cara alternatif untuk membuat udara disekitar rumahmu menjadi lebih segar. Tanaman hias, biasanya dipilih karena tidak terlalu besar ukurannya dan mudah cara merawatnya.

Manfaat Tanaman Hias selain untuk mempercantik halaman atau teras rumah kalian, berfungsi sebagai pembersih udara yang efektif. Beberapa jenis tanaman hias memiliki keunggulannya masing-masing selain nilai estetikanya. Salah satunya adalah membersihkan kualitas udara, dimana di Jakarta saat ini kualitas udara yang buruk akibat polusi, sedang marak diperbincangkan.

Oleh karena itu Lavavela Look akan memberikan rekomendasi Tanaman Pembersih Udara yang Cocok Untuk Cegah Polusi yang pastinya mudah untuk kalian rawat.

Penyebab Polusi dan Dampak Negatif Kepada Kesehatan Manusia

Secara umum, pengertian polusi udara adalah udara yang terkontaminasi oleh bahan kimia, partikulat, atau zat-zat lain yang disebabkan oleh aktivitas manusia atau kendaraan umum. Hal ini sering sekali terjadi di kota-kota besar yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi.

Namun, tidak jarang juga saat ini beberapa negara maju yang tingkat polusinya cukup rendah seperti Swedia. Masyarakat Swedia, aktif dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan memiliki sistem transportasi umum yang efisien dan ramah lingkungan. Sehingga, negara ini memiliki kualitas udara yang cukup baik.

Apa saja penyebab dari polusi? bagaimana cara mencegah polusi?

Dalam beberapa kasus, polusi disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti penggunaan kendaraan bermotor yang kurang ramah lingkungan, atau kawasan pabrik yang mengeluarkan sejumlah besar karbon monoksida, hidrokarbon, senyawa organik, dan bahan kimia ke udara, menurunkan kualitas udara.

Penggunaan kendaraan bermotor yang kurang ramah lingkungan, dapat menyebabkan peningkatan polusi yang terjadi di suatu wilayah. Apalagi, jika jumlah pengguna kendaraan tersebut sangat banyak seperti di Ibu Kota Jakarta.

Selain itu, kegiatan industri dari sebuah pabrik, juga memiliki potensi yang sangat besar merusak kualitas udara suatu wilayah. apalagi jika wilayah tersebut merupakan kawasan industri yang mengharuskan beroperasi setiap hari.

Dampak negatif polusi pada manusia sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, terutama pada sistem pernapasan. Pada beberapa kasus, dampak negatif yang berbahaya dapat menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Gejala ISPA atau ciri-ciri ISPA sendiri, biasanya diawali dengan batuk, pilek, dan demam. Hal ini akan sangat berbahaya jika terjadi pada anak-anak, dimana mereka belum memiliki sistem pertahanan tubuh, atau sistem imune yang cukup kuat.

 

Baca Juga: Mencegah Penyakit ISPA di Tengah-tengah Isu Polusi Udara

 

Tanaman Pembersih Udara yang Mudah Untuk Dirawat

Dalam mengatasi polusi udara, kalian dapat menggunakan banyak cara yang pastinya mudah untuk kalian aplikasikan. Salah satu hal yang paling sederhana adalah mulai membiasakan menggunakan masker medis, agar meminimalisir udara kotor yang terhirup dan masuk ke tubuh kita.

Selain itu, kamu juga harus mulai menjaga lingkungan sekitarmu agar memiliki kualitas udara yang bersih. Adapun caranya adalah dengan menjaga kualitas udara di rumah agar tetap bersih dengan menggunakan air purifier dan menambahkan tanaman pembersih udara berupa tanaman hias yang kalian tanam di sekitar rumah.

Tanaman pembersih udara ini, memiliki berbagai keunggulan yang dapat kamu rasakan secara berkelanjutan, jika merawatnya dengan baik dan benar. Salah satunya adalah membersihkan kualitas udara di sekitar rumah kalian.

Sehingga, selain kamu dapat mempercantik tampilan halaman atau teras rumah, kamu juga akan mendapatkan manfaat dari tanaman hias ini sebagai tanaman pembersih udara yang ampuh untuk mengatasi polusi yang saat ini terjadi.

Berikut ini, Lavavela Look akan memberikan kamu rekomendasi tanaman pembersih udara yang mudah untuk dirawat dan pastinya terjangkau harganya.

 

Spider Plant (Chlorophytum Comosum)

Spider plant, tanaman laba-laba, Tanaman hias, Tanaman pembersih udara

Tanaman hias yang memiliki nama spider plant atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah tanaman laba-laba, sangat mudah untuk kalian rawat. Cukup kalian letakkan di depan teras atau kalian gantung menggunakan pot gantung, tanaman ini bisa hidup.

Cara merawat spider plant sangat mudah, kalian cukup menyiramnya menggunakan air mineral atau air suling sebanyak sekali dalam seminggu, tergantung tingkat kekeringan tanahnya.

Selain itu, berapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh spider plant? mereka menyukai cahaya yang cukup, sehingga usahakan meletakkan tanaman laba-laba ini di tempat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab.

Kalian juga harus sering mengubah posisi pot spider plant ini agar tangkapan yang didapatkannya bisa merata. Dan perlu kalian ketahui, dalam jangka waktu satu tahun, kalian juga harus melakukan pergantian pot agar akar tidak terlalu lembab dan menyebabkan kebusukan pada tanaman.

 

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Aloe vera, Lidah buaya, Tanaman hias, Tanaman pembersih udara

Tanaman Lidah buaya terkenal dengan khasiatnya dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi kulit kepala yang kering. Namun siapa sangka jika tanaman hias yang satu ini termasuk kedalam jenis tanaman pembersih udara yang cukup ampuh.

Cara merawat aloe vera juga tergolong sangat mudah karena tidak terlalu membutuhkan banyak air. Sehingga, kalian dapat menanamnya pada media tanam yang kering. Apabila kamu menggunakan media tanah yang lembab dalam menanam lidah buaya, tanaman ini akan mudah busuk dan mati.

Konsumsi air lidah buaya sendiri tidak terlalu banyak, cuma kalian perlu melakukan penyiraman sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, lidah buaya juga memerlukan sinar matahari yang cukup, artinya tidak harus kalian setiap hari jemur dibawah sinar terik matahari.

 

Palem Bambu (Chamaedorea Seifrizii)

Palem Bambu, Bamboo Palm, Tanaman hias, Tanaman pembersih udara

Tanaman hias yang satu ini, merupakan salah satu jenis tanaman pembersih udara indoor yang wajib kalian miliki. Jika tanaman lain menyerap oksigen sebagai rangkaian proses fotosintesis, dan mengeluarkan karbon dioksida. Tanaman ini justru sebaliknya, yaitu menyerap karbon dioksida sebagai rangkaian proses fotosintesisnya dan mengeluarkan oksigen.

Selain itu, manfaat palem bambu adalah menyerap zat-zat berbahaya disekitar rumah kalian lo guys. Sebagai contoh, tanaman ini mampu menghilangkan toluena yang biasa ditemukan di sekitar rumah kamu.

Toluena adalah sejenis polutan udara yang sering ditemukan di sekitar rumah, seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan pelumas kendaraan bermotor. Sehingga, tanaman ini sangat cocok kamu tanam di sekitar rumah.

Cara merawat palem bambu juga sangat mudah, kalian bisa meletakkannya di dalam atau luar ruangan. Namun yang perlu kalian ketahui adalah tanaman ini tidak tahan terhadap sengatan sinar matahari secara langsung. Jadi, pilihlah tempat meletakkan tanaman hias ini di tempat yang sedikit lembab.

Cara menyiram palem bambu juga sangat praktis, yaitu hanya perlu kalian siram beberapa kali saja dalam seminggu. Sehingga jenis tanaman hias indoor ini sangat cocok kalian letakkan di ruang tamu.

 

Lidah Mertua (Sansevieria)

Lidah mertua, Tanaman hias, Tanaman pembersih udara

Tanaman yang berasal dari Dataran Afrika ini memiliki berbagai manfaat sebagai tanaman pembersih udara yang cocok menjadi koleksi kalian. Manfaat lidah mertua sebagai tanaman pencegah polusi adalah mampu menyerap senyawa beracun seperti karbon dioksida, benzene, kloroform, tri kotilen, formaldehid ataupun racun rokok yang mencemari udara.

Lidah mertua juga mampu menyerap paparan radiasi dari barang elektronik seperti smartphone, televisi, komputer, dan berbagai jenis barang elektronik lainnya.

Cara menyiram lidah mertua juga tidak terlalu ribet untuk kalian lakukan, sebab tanaman hias yang satu ini tidak membutuhkan air yang tidak terlalu besar. Jadi, kalian cukup melakukan penyiraman 2-3 kali dalam seminggu.

Sekian tips dan saran dari Lavavela Look dalam memilih Tanaman Pembersih Udara yang Cocok Untuk Cegah Polusi. Semoga artikel kami dapat bermanfaat, terutama dalam mengurangi polusi di sekitar tempat kalian tinggal.

 

Terima kasih.

Advertisement iklan murah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com